ADMINISTRASI
MENGAJAR
SILABUS
MATA KULIAH KETERAMPILAN MENYIMAK DAN
BERBICARA BAHASA BALI
DOSEN
PENGAMPU:
I
WAYAN JATIYASA, S.Pd
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA AGAMA HINDU
SEKOLAH
TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (STKIP)
AGAMA
HINDU AMLAPURA
TAHUN
2011
PENDAHULUAN
Mata
kuliah ini merupakan salah satu bagian dari kelompok ilmu-ilmu kebahasaan dan
keahlian Program Sturi Pendidikan Bahasa dan Sastra Agama Hindu, Sekolah Tinggi
Ilmu Pendidikan dan Keguruan (STKIP) Agama Hindu Amlapura. Setelah selesai
perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan, mengenai: (a) teori
keterampilan menyimak bahasa Bali, (b) teori keterampilan berbicara bahasa
Bali, (c) anggah-ungguhing basa Bali (tingkatan bahasa Bali), dan latihan
menyimak dan berbicara bahasa Bali. Selain itu, diharapkan mahasiswa memiliki
keterampilan dalam menyimak dan berbicara yang baik dan benar sesuai dengan anggah-ungguhing basa Bali serta mampu mengaplikasikan
semua teori mata kuliah ini ke dalam
kehidupan sehari-hari dengan bahasa komunikatif untuk segala keperluan sebagai
mahasiswa dan atau/calon guru.
Adapun
pelaksanaan perkuliahan ini menggunakan laptop, diktat, white board, spidol, multimedia online, naturalisasi media, dan
teks “I Ubuh”. Pendekatan yang digunakan adalah ekspositoris, komunikatif,
persuasif, analitik, dan apresiasif. Metode yang digunakan adalah Ceramah,
tanya-jawab, diskusi, inkuiri, latihan, studi pustaka, dan studi lapangan. Tahap penguasaan dan
kemampuan materi kuliah ini selain dievaluasi dengan UTS dan UAS, juga
dievaluasi dengan absensi (kehadiran) dan tugas individu/TAS. Buku sumber utama
adalah Bagus, I Gusti Ngurah. 1979. Perubahan
Pemakaian Bentuk Hormat dalam Masyarakat Bali. Sebuah Pendekatan Etnografi
Berbahasa. Jakarta; Balai Bahasa Denpasar, Pusat Bahasa Departemen
Pendidikan Nasional. 2005. Pedoman Umum
Ejaan Bahasa Bali dengan Huruf Latin. Denpasar; Suwija, I Nyoman dan Manda,
I Gede. 2009. Widia Sari. Basa lan Sastra
Bali 3. Sebuah Buku Pelajaran Bahasa Bali Kelas XII SLTA. Denpasar; Suwija,
I Nyoman. 2007. Pupulan Pidarta Basa Bali
Alus. Denpasar: Pelawa Sari; Suwija, I Nyoman. 2007. Kamus Anggah-ungguhing Basa Bali. Denpasar: Sanggar Ayu Suara; Suhendar,
M.E dan Supinah, Pien. 1992. Bahasa
Indonesia. Pengajaran dan Ujian Keterampilan Menyimak & Keterampilan
Berbicara. Bandung: CV. Pionir Jaya; Tarigan, Henry Guntur. 1987. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan
Berbahasa. Bandung: Angkasa; Tinggen, I Nengah. Sor Singgih Basa Bali. Singaraja: Rhika Dewata; dan Yuwono,
Trisno dan Abdulah, Pius. 1994. Kamus
Lengkap Bahasa Indonesia Praktis. Surabaya: Arkola.
Amlapura,
September 2011
I Wayan Jatiyasa, S.Pd
SILABUS
1.
Identitas
Mata Kuliah
Nama Mata Kuliah:
Keterampilan Menyimak dan Berbicara Bahasa Bali
Kode Mata Kuliah:
MKBKI 06
Bobot SKS: 3 SKS
Semester/Jenjang:
3/S-1
Program Studi:
Pendidikan Bahasa dan Sastra Agama Hindu
Prasyarat: Mahasiswa sudah mempunyai pengetahuan dan
pemahaman dasar mengenai bahasa Bali.
Dosen/Kode Dosen: I
Wayan Jatiyasa, S.Pd (CO)
2.
Tujuan
Setelah
mengikuti perkuliahan ini, diharapkan mahasiswa:
a. dapat
memahami pengertian menyimak;
b. dapat
memahami pengertian keterampilan menyimak bahasa Bali;
c. dapat
menjelaskan tujuan menyimak;
d. dapat
menyebutkan dan menjelaskan jenis-jenis menyimak;
e. dapat
menyebutkan dan menjelaskan faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam
menyimak;
f. dapat
memahami pengertian berbicara;
g. dapat
memahami pengertian keterampilan berbicara bahasa Bali;
h. dapat
menjelaskan tujuan berbicara;
i.
dapat menyebutkan dan menjelaskan
jenis-jenis berbicara;
j.
dapat menjelaskan metode berbicara;
k. dapat
memahami anggah-ungguhing basa Bali;
l.
dapat menyebutkan dan menjelaskan wirasan kruna basa Bali;
m. dapat
menyebutkan dan menjelaskan wirasan
lengkara basa Bali;
n. dapat
menyebutkan dan menjelaskan wirasan basa
Bali; dan
o. dapat
menyimak dan mengungkapkan ide, gagasan, pikiran/perasaan melalui menanggapi
wacana lisan “I Ubuh” sesuai dengan anggah-ungguhing basa Bali yang baik dan benar.
3. Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini
membahas tentang pengetahuan dan pemahaman: (a) teori keterampilan menyimak
bahasa Bali, (b) teori keterampilan berbicara bahasa Bali bahasa Bali, dan (c) anggah-ungguhing basa Bali.
4. Pendekatan Pembelajaran
a. Pendekatan:
Ekspositoris, komunikatif, persuasif, analitik, dan apresiasif
b. Metode: Ceramah, tanya-jawab, diskusi, inkuiri,
latihan, studi pustaka,
studi lapangan
c. Tugas: Individual, mandiri
d. Media: Laptop, diktat, white board, spidol, multimedia online,
naturalisasi
media, teks “I Ubuh”.
5. Kriteria Evaluasi
Ø Kehadiran
75%
Ø Absensi
Ø Tugas
Individual
Ø UTS
Ø UAS
Ø PAP : A+T+UTS+UAS
4
6. Rincian Materi Perkuliahan Tiap
Pertemuan
Pertemuan
|
Pokok Bahasan
|
1
|
Tujuan mata kuliah,
ruang lingkup mata kuliah, kebijakan pelaksanaan perkuliahan, kebijakan
penilaian hasil belajar, tugas yang harus diselesaikan, buku ajar yang
digunakan dan sumber lain, dan hal-hal esensial dalam pelaksanaan
perkuliahan.
|
2,3,4,5
|
Teori
keterampilan menyimak bahasa Bali
(Meliputi:
(1) pengertian menyimak, (2) Pengertian keterampilan menyimak bahasa Bali,
(3) tujuan menyimak, (4) jenis-jenis menyimak, dan (5) faktor-faktor yang
harus diperhatikan dalam menyimak).
|
Pertemuan
|
Pokok Bahasan
|
6,7,8,9
|
Teori
keterampilan berbicara bahasa Bali
(Meliputi: (1)
pengertian berbicara, (2) pengertian keterampilan berbicara bahasa Bali, (3)
tujuan berbicara, (4) jenis-jenis berbicara, dan (5) metode berbicara).
|
10
|
Ujian Tengah
Semester (UTS)
|
11,12,13,14
|
Anggah-ungguhing basa Bali
(Tingkatan bahasa Bali)
(Meliputi: (1)
Anggah-ungguhing basa Bali, (2) wirasan kruna basa Bali, (3) wirasan lengkara basa Bali, dan (4) wirasan basa Bali).
|
15
|
Latihan
menyimak dan berbicara bahasa Bali
(Menyimak dan
menanggapi wacana lisan berbahasa Bali “I Ubuh” dengan menggunakan anggah-ungguhing
basa Bali yang baik dan benar).
|
16
|
Ujian Akhir
Semester (UAS)
|
7. Sumber Buku
a.
Buku
Utama
Bagus, I Gusti Ngurah.
1979. Perubahan Pemakaian Bentuk Hormat
dalam Masyarakat Bali. Sebuah Pendekatan Etnografi Berbahasa. Jakarta.
Balai Bahasa Denpasar, Pusat
Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Bali dengan Huruf Latin. Denpasar.
Suwija, I Nyoman dan Manda, I Gede.
2009. Widia Sari. Basa lan Sastra Bali 3.
Sebuah Buku Pelajaran Bahasa Bali Kelas XII SLTA. Denpasar.
Suwija, I Nyoman. 2007. Pupulan Pidarta Basa Bali Alus.
Denpasar: Pelawa Sari.
Suwija, I Nyoman. 2007. Kamus Anggah-ungguhing Basa Bali.
Denpasar: Sanggar Ayu Suara.
Suhendar,
M.E dan Supinah, Pien. 1992. Bahasa
Indonesia. Pengajaran dan Ujian Keterampilan Menyimak & Keterampilan
Berbicara. Bandung: CV. Pionir Jaya.
Tarigan,
Henry Guntur. 1987. Berbicara Sebagai
Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tinggen, I Nengah. Sor
Singgih Basa Bali. Singaraja: Rhika Dewata.
Yuwono, Trisno dan Abdulah, Pius. 1994. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Praktis.
Surabaya: Arkola.
b.
Referensi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Wusan Ngwacen sampunang lali maosin iriki! Suksma